Minggu, 04 November 2012

CARA INSTALL WINDOWS XP SP3

Operating System Windows anda mengalami kerusakan karena virus, atau system korup, kadang menyebabkan Komputer dan Laptop kita menjadi tidak bisa digunakan. Apabila kita orang awam, dan belum bisa cara memperbaikinya, biasanya akan segera membawa ke tukang service komputer ( bakalan mbayar Dech.. :) ). Pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial secara lengkap cara Install Windows XP SP3 Lengkap untuk Pemula atau bagi orang yang belum pernah melakukan Install Windows XP pada komputer atau laptop.

Install Windows XP
Jangan Khawatir, Cara ini sangat efektif untuk anda, karena saya akan memandu dengan gambar dalam melakukan instalasi windows XP pada Komputer anda. Apa saja yang dibutuhkan untuk  Install Windows XP ?. Beberapa alat yang di perlukan dalam menginstall windows XP adalah :
  • CD Windows XP ( SP1 / SP2 / SP3 )
  • CD ROOM / DVD ROOM

Perlu di perhatikan " Apabila anda akan melakukan Install Ulang Windows XP atau Operting System Windows anda, sebaiknya simpan data Flash Disk, atau media lain Selain Drive C:/ (misal drive D:/ E:/ dll) untuk menghindari Penghapusan data." Biasakan untuk menjadikan My Documents atau data tidak berada di Drive C:/ atau pada Drive yang terdapat Operating system. Tujuanya adalah menghindari data terhapus pada saat melakukan Installasi Ulang.

Oke kita mulai saja install Windows XPnya. Masukkan CD master Windows XP terlebih dahulu ke CDROM/DVDROM anda. Lalu nyalakan / restart komputer anda, kemudian pada saat tampil gambar awal komputer start (seperti gambar 1),tekan tombol "Delete" pada keybord agar anda dapat masuk setting BIOS (Basic Input Output System) komputer. Pada beberapa jenis Motherboard harus menekan "tombol F2" pada keyboard. Anda bisa melihatnya pada perintah "Press DEL to run Setup" atau "Press F2 to run Setup".

Pilih item Boot Device Priority seperti pada gambar dibawah ini. Jika anda menggunakan jenis motherboar lain cari saja di bagian "Advanced Bios Features" cari di bagian Setting Boot. Setting ini untuk membuat CDROOM / DVDROOM sebagai boot pertama kali.

Setelah itu anda rubah [CDROM] pada posisi "1st Boot Device" untuk boot melalui CDROM dengan menggunakan tombol +- atau sesuai dengan perintah di setting (biasanya di laptop F5 dan F6)di keyboard. Selanjutnya tekan F10 atau "Exit and Save" pada menu untuk menyimpan konfigurasi.


Langkah selanjutnya adalah Restart komputer, tunggu hingga muncul tulisan "Pres any key to boot from CD..." lalu tekan sembarang tombol dengan cepat. Selanjutnya akan muncul layar biru dengan menu pilihan instalasi, tekan tombol Enter untuk melanjutkan proses install atau tombol R untuk melakukan reparasi Windows di Recovery Consule (ini untuk pilihan Repair windows) atau F3 untuk keluar / mengakhiri proses install.


Lanjut pada Lisencing Agreement "tekan tombol F8" untuk lanjut dan "tombol ESC" untuk batalkan proses install.


 Selanjutnya anda akan masuk ke Area Partisi, disini anda bisa menyeting partisi untuk keperluan Installasi windows XP. Apabila di komputer anda telah terdapat sebuah sistem windows (biasanya di C:) maka akan ada partisi di menu ini dan anda bisa Menghapus partisi dengan menekan "huruf D" >> "huruf L" (biasanya hanya untuk Partisi yang bersistem atau Drive C: untuk partisi lain hanya huruf D). Untuk membuat partisi menggunakan "Tombol C" jika hardisk belum di partisi.


Untuk membuat partisi anda hanya menekan huruf C dan mengisikan berapa kapasitas dari hardisk dan Tekan Enter :


Tekan enter untuk melanjutkan penginstallan setelah partisi terbuat.


Selanjutnya Format partisi yang telah kita buat dengan memilih menu format. Gunakan pemformatan dengan system NTFS dan mode quick.


Tekan enter untuk melanjutkan. Selanjutnya windowws akan mengcopy secara automatis file system yang digunakan untuk installasi dan di akhiri dengan Restart recara automatis. Biarkan saja windows jalan dengan sendirinya dan apabila benar maka komputer akn tampilan berikut ini :


Selanjutnya tunggu hingga windows meminta Setting Regional (NEXT saja), Nama (Isikan dengan benar nama dan Perusahaan atau nama saja dan kosongkan perusahaan lalu NEXT), dan Serial Code Windows XP (Isikan 25 serial code kedalam form yang telah disediakan dan tekan NEXT) .


Setelah itu lanjutan ke proses berikutnya. Isikan Login akses untuk masuk ke Windows dengan menulis Nama dan Password. Jika password di kosongkan maka untuk masuk tanpa menggunakan password. NEXT untuk melanjutkan.


Proses selanjutnya adalah menyeting waktu. Cari Local time GMT +07 untuk area indonesia. Lanjutkan dengan Next.


Proses selanjutnya adalah menyeting jaringan atau (Networking Setting). secara default dengan menggunakan typical setting maka IP Address dalam keadaan belum terisi. Pilih saja "Next" untuk melanjutkan (pilih Typical Setting).


Apabila anda terhubung dengan jaringan dalam Setting Network anda bsia mengisi Nama jaringan yang ada. tetepai jika jaringan masih menggunakan Nama Default (WORKGROUP) maka isi dengan nama "WORKGROUP" dan lanjutkan dengan NEXT.


Setelah bagian menyalin dan mengkonfigurasi Networking selesai, Anda akan diminta untuk memastikan konfigurasi setting pada layar monitor telah benar jika anda ingin menyesuaikan tinggal menekan tombol OK.



Minimum resolusi adalah 800×600.  Selesai Setup dan melakukan boot Windows.


Sebuah layar Selamat datang akan tampil pertama yang akan Anda lihat. Komputer memeriksa konektivitas internet Anda. Pilih Saja NEXT >> SKIP>> NEXT


Untuk menu Register with Microsoft apabila anda sudah memiliki koneksi untuk berinternet dan memiliki lisensi silahkan pilih yes. Jika Tidak pilih NO dan NEXT. 


Windows XP akan meminta Anda untuk memasukkan default username, yang bsia digunakan di komputer. Tetapi Anda cukup membuat 1 saja untuk menyelesaikan instalasi. User Administrator tidak ditampilkan sebagai pilihan logon yang valid.


Selanjutnya Pilih FINIS ! untuk mengakhiri instalasi Windows XP.


Pada akhir Install Windows XP Akan menampilkan Halaman Desktop, dan anda siap untuk menginstall Program lain yang anda inginkan



Semoga tutorial ini membantu, apabila masih ada yang belum jelas, silahkan berikan pertanyanan, masukan di form Comment dibawah artikel "Install Windows XP SP3 Lengkap untuk Pemula". Tunggu Tutorial saya selanjutnya berkenaan dengan Install Software Program di Windows, dan tutorial Lain yang berhubungan dengan Internet dan Teknologi. Salam.

5 komentar:

  1. Thanks Gan Saya Mau Nyoba ^_^

    BalasHapus
  2. Agank... Bedanya dengan Win Xp SP2 dimana ya... blm coba nich.

    BalasHapus
  3. mas saya membuat instaler windows xp sp3 sendiri, tapi coba di boot tapi tidak bisa. Gimana solusinya??

    BalasHapus
  4. Masalah saya pada xp sp 3 ini .. Tidak dapat menggunakan usb generic btooth... Harus dikenal drivernya... Padahal semua drivernya sdah diinstall dengan driver pack .. Tapi sepertinya tidak kena untuk btooth ini.. Padahal klo di win 7 gak perlu install driver lagi langsung hubungkan langsung bisa digunakan.. Bagaimana solusinya agar btooth tsbt bisa digunakan pada win xp sp3?

    BalasHapus